Kompolnas: Digitalisasi Polisi Lalu Lintas Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat
Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong kepolisian Republik Indonesia (Polri) utamanya di bidang lalu lintas, juga segera menerapkan aplikasi layanan berbasis teknologi informasi. Tujuannya, memudahkan masyarakat mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online.
Demikian diungkap Komisioner Kompolnas, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. (Purn) Pudji Hartanto. Irjen (Purn) Pudji mengapresiasi gagasan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, terkait layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) elektronik terintegrasi dengan ponsel atau gadget pribadi para penggunanya.
Kapolri telah menginstruksikan kepada Kakorlantas agar layanan pembuatan SIM, STNK dan BPKB nantinya, juga akan dilakukan secara daring atau online dari rumah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat.
Itu sangat diapresiasi Irjen (Purn) Pudji sebagai sebuah langkah cerdas dan visi yang jauh ke depan diterapkan Kapolri. Mantan Kakorlantas ini menilai, kebijakan Kapolri sebagai kemampuan adaptif kepolisian Indonesia dalam mengikuti perkembangan teknologi digital. Sehingga, memudahkan urusan masyarakat Indonesia dalam pelayanan publik di bidang lalu lintas.
“Melalui layanan secara online, Kapolri telah melakukan inovasi digital. Jadi sekarang tinggal bagaimana satuan Kakorlantas bisa mewujudkan kebijakan yang sangat bagus ini,” tutur Jenderal bintang dua ini.
Mantan Kakorlantas ini menambahkan, hal itu terwujud dalam fungsi-fungsi Kepolisian di Lalu Lintas dan juga pelayanan publik seperti pembuatan SIM dan STNK. Masyarakat nantinya bisa merasakan pelayanan kepolisian yang berbasis teknologi informasi.
“Sebagai contoh misalkan ujian SIM bisa menggunakan aplikasi sehingga bisa dilaksanakan online. Bagaimana membuat STNK, BPKB, dengan menggunakan teknologi informasi sehingga masyarakat tidak perlu hadir,” ungkapnya.
Menurut Pudji Hartanto, pelaksanaan digitalisasi layanan SIM secara elektronik, telah memenuhi ketentuan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin mengemudi pasal 2, yakni terwujudnya tertib administrasi pelayanan dalam penerbitan SIM yang transparan, efektif, efisien, dan akuntabel.
Yang kedua, juga terwujudnya pusat data Regident Pengemudi yang akurat guna mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan, dan identifikasi forensik kepolisian.
Dan yang ketiga, terwujudnya sistem manajemen informasi dan komunikasi SIM terpadu dan terwujudnya budaya tertib berlalu lintas di jalan dengan memanfaatkan SIM sebagai alat kontrol.
Digitalisasi di Polisi Lalu Lintas juga akan meningkatkan citra polisi di mata masyarakat. “Penerapan penegakan hukum secara elektronik atau digital akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian,” paparnya.
Kompolnas Dorong Korlantas Aplikasikan IT
Pudji menyarankan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri segera mengaplikasikan layanan digital ini setelah melakukan kajian mekanisme pelayanan penerbitan SIM, STNK dan BPKB di tengah konsep pelaksanaan tatanan normal baru atau New Normal.
“Percepatan pelaksanaan digitalisasi pelayanan SIM, STNK atau BPKB ini sangat penting dan mendesak di tengah momen Pandemi Covid-19 yang mengharuskan meminimalisasi kontak fisik, sehingga layanan berbasis IT menjadi sebuah tuntutan agar segera diwujudkan,” katanya.
Soal SIM versi digital, di beberapa negara sudah diterapkan. Tak perlu mengeluarkan SIM fisik dari dompet saat petugas memeriksanya, pengemudi tinggal menunjukkan SIM digital lewat ponsel (HP).
SIM digital yang ada di berbagai negara itu tersimpan di ponsel masing-masing pengendara, yang tentunya sudah memiliki SIM. Pengendara jadi tidak perlu khawatir kalau SIM hilang, rusak atau lupa dibawa.
Berdasarkan data Korps Lalu Lintas Polri menunjukkan bahwa ada peningkatan yang sangat signifikan terhadap pengajuan penggantian kartu SIM yang rusak.
Pada 2019, ada 30.365 kartu yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri untuk mengganti SIM pemohon yang rusak. Jumlah di tahun berikutnya naik 398 persen, menjadi 151.417 kartu.
Sementara itu, jumlah kartu SIM yang diproduksi pada 2019 yakni sebanyak 14.02 juta. Sedangkan di 2020, angkanya turun 29,27 persen menjadi hanya 9,92 juta kartu SIM.
Penurunan juga terjadi pada jumlah kartu yang diterbitkan untuk pemohon baru atau yang masa berlaku kartu lamanya sudah habis. Sepanjang 2019 angkanya tercatat 13,99 juta kartu, kemudian turun menjadi 9,76 juta kartu di 2020.
Lebih lanjut, Pudji mengusulkan agar penerapan layanan polisi lalu lintas berbasis IT ini dapat segera diterbitkan dan diluncurkan bertepatan dengan momen peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 yag jatuh pada 22 September mendatang.
“Berhubung saat ini semua sudah menggunakan peralatan IT, saya berharap anggota Polantas sebagai operator yang mengawaki peralatan tersebut juga harus sudah siap, begitu pula dengan masyarakat para pengguna jalan/pengemudi. Dengan adanya peningkatan pelayanan, pengawasan & penegakan hukum menggunakan IT, masyarakat semakin tertib dan disiplin dalam berlalulintas,” tutup Pudji Hartanto.